Verifikasi Data Akta Kelahiran Penduduk usia 0-18 Tahun di 20 Kecamatan Se Kabupaten Temanggung

Verifikasi data Akta Kelahiran usia 0-18 Tahun Dilaksanakan mulai tanggal 30 November 2015 sampai dengan 7 Desember 2015 bertempat di 20 Kecamatan se kabupaten Temanggung.

Verifikasi data Akta Kelahiran usia 0-18 Tahun bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat jumlah penduduk yang belum mempunyai Akta kelahiran.
Pada Bulan Oktober Prosentase Kepemilikan Akta kelahiran Usia 0-18 tahun sebesar 87,58% dan setelah dilaksanakan verifikasi langsung ke semua Desa dan kelurahan ternyata banyak data yang sudah memiliki akta kelahiran tetapi belum masuk ke dalam Database Dindukcapil.
Setelah dientry ulang data Kepemilikan Akta kelahiran tersebut, maka  prosentase Kepemilikan Akta Kelahiran usia 0-18 tahun menjadi 92,40% atau ada peningkatan sebesar 5%, sehingga pada Tahun 2016 Dindukcapil Kabupaten Temanggung berencana untuk menuntaskan kekurangan yang belum mempunyai Akta Kelahiran sebesar 7,6% atau sekitar 16.500 anak.

Dari Data 7,6 % tersebut sudah diketahui untuk daftar nama dan alamat serta beberapa permasalahan yang ada yang menyebabkan mereka belum memiliki akta kelahiran, diantaranya adalah orang tua di luar kota/negeri, anak seorang ibu, dan orang tua yang memang belum sadar akan pentingnya Akta Kelahiran bagi anak-anaknya.

Untuk menangani permasalahan tersebut Dinas Dukcapil akan membentuk tim TPPDK (Tim Penanganan Permasalahan Data Kependudukan) di tahun 2016.