Pencatatan Pengesahan Anak

PENCATATAN PENGESAHAN ANAK

 

Dasar Hukum :

  1. Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung.
  2. Peraturan Bupati Temanggung Nomor 60 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan dan Tata Kerja Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Temanggung
  3. Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2017 tentang  Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung
  4. Undang-Undang No. 1 Tahun 1974  Tentang Perkawinan jo PP No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan ;
  5. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
  6. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  7. Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  8. Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung Nomor 4 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

 

Persyaratan :

  1. Mengisi formulir;
  2. Surat Pernyataan Pengesahan Anak dari Orangtua
  3. Surat Keterangan telah terjadi perkawinan secara agama/Penghayat (sebelum kelahiran anak)/ Penetapan pengadilan;
  4. Kutipan Akta kelahiran anak yg akan disahkan (asli);
  5. Kutipan Akta Perkawinan ortu (asli);
  6. Fotocopy KK;dan
  7. Fotocopy KTP-el ortu;
  8. Fc. dokumen perjalanan bagi ayah atau ibu Orang Asing.

Prosedur :

  1. Pemohon datang ke Dinas dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan;
  2. Petugas melakukan verifikasi awal dan validasi data dan memberikan resi pengambilan kepada Pemohon;
  3. Operator melakukan perekaman data ke dalam database dan mencetak draf kutipan Akta Pengesahan Anak serta catatan pinggir di kutipan akta kelahiran dan perkawinannya.
  4. Kasi menyelia persyaratan, register, draf kutipan akta pengesahan anak dan catatan pinggir di register dan kutipan akta kelahiran dan akta perkawinan serta membubuhi paraf.
  5. Kabid membubuhi paraf pada register dan dan kutipan akta pengesahan anak serta catatan pinggir di register dan kutipan akta kelahiran dan akta perkawinannya.
  6. Operator mencetak Kutipan Akta;
  7. Kepala Menandatangani register dan kutipan akta;
  8. Operator memberitahukan melalui sms ke pemohon bahwa Kutipan Akta Pengesahan Anak sudah jadi kemudian menyerahkan Kutipan Akta Pengesahan Anak kepada Petugas Pengambilan;
  9. Petugas Pengambilan menyerahkan Kutipan Akta Pengesahan Anak kepada pemohon;
  10. Pemohon menerima Kutipan akta pengesahan anak.

 

Jangka waktu :

Waktu pelayanan

Paling lama 3 hari

Biaya/Tarif

Gratis