Detail Berita

Tahun 2024 menjadi bukti nyata komitmen Dukcapil Temanggung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan mengedepankan profesionalitas dan dedikasi, berbagai capaian penting berhasil diraih, bahkan melampaui target yang telah ditetapkan secara nasional.

Proses perekaman KTP-el di Temanggung mencapai 99.72?ri total penduduk, melebihi target nasional sebesar 99.4%.

Pada aspek pencatatan akta kelahiran, 99.75 % anak usia 0-18 tahun di Temanggung kini telah memiliki akta kelahiran, lebih tinggi dibanding target nasional 99%.

Dalam mendukung transformasi digital, sebanyak 31.12% penduduk telah mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Angka ini jauh di atas target nasional sebesar 30%, bahkan Kab. Temanggung mendapat peringkat ke 4 Nasional dan No. 1 Nasional Kategori Kabupaten.

Pengakuan Prestasi:
WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi): Dukcapil Temanggung mendapatkan predikat WBK
Nilai Kinerja Tinggi: Dengan penilaian kinerja 4.73 (A), Dukcapil Temanggung membuktikan bahwa kami mampu mempertahankan standar pelayanan yang tinggi.
Penghargaan dari Ombudsman: Dukcapil Temanggung meraih nilai 98.39 dalam kepatuhan terhadap standar pelayanan, menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional.

Langkah Menuju 2025: Dukcapil siap melangkah lebih jauh untuk merealisasikan program kerja tahun 2025 yang meliputi:

0 KM 0 Rupiah: Layanan administrasi yang mudah dijangkau tanpa biaya tambahan.
Tuntas IKD di 289 Desa/Kelurahan:
Tuntas Akta Kelahiran: Menjamin seluruh anak memiliki akta kelahiran sebagai dasar pemenuhan hak-hak sipil.
KIA 100%: Menargetkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk seluruh anak di Temanggung.
GEMPITA: Gerakan Melayani Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan
CEMPAKA: Cepat Melayani Pembuatan Akta Kematian
Agen Kependudukan: Melibatkan masyarakat dalam mendukung layanan kependudukan di tingkat desa/kelurahan.
Adopsi Anak: Fasilitasi pembuatan akta kelahiran untuk anak-anak yang diangkat sebagai bagian dari keluarga.

Kami akan terus berupaya menjaga kualitas layanan, meningkatkan inovasi, dan memastikan bahwa setiap warga merasa dilayani dengan baik